- SatyaKu Ku Dharmakan DharmaKu Ku Baktikan .: Ambalan DIPONEGORO - NYI AGENG SERANG :. Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana -

Pertemuan Pramuka Penegak

Untuk anggota pramuka penegak/pandega disediakan beberapa pertemuan untuk berbagai pertemuan, diantaranya :

1. PERKEMAHAN WIRAKARYA (P.W.)
Perkemahan wirakarya adalah pertemuan pramuka dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan oleh penegak dan pandega dari berbagai satuan ( Ambalan Dan Satuan Karya).
P.W berfungsi sebagai sarana untuk:
a. melaksanakan kegiatan nyata dalam rangka membersihkan bakti pramuka penegak/pandega kepada masyarakat.
b.Mengembangkan fisik, mental, pengetahuan, kecakapan, ketrampilan dan pengalaman para penegak / pandega.
c. Menumbuhkan dan mempererat rasa persaudaraan di antara sesame peserta (penegak/pandega) dan dengan para pembinanya.

2. RAIMUNA
Raimuna adalah pertemuan berbentuk perkemahanyang diselenggarakan untuk pramuka penegak / pandega (dulu berama PERPANITRA). Raimuna di selenggarakan untuk membina atau mengembangkan persaudaraan dan persatuan dikalangan para pramuka penegak dan pandega untuk memperoleh suatu kegiatan yang kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif.
Acara raimuna harus disertai dengan aspirasi pemuda pemudi Indonesia dan harus disertsi dengan perlombaan.

3. MUSPPANITRA
Adalah forum musyawaroh (musyawarah penegak dan pandega putra dan putrid) untuk membahas masalah-masalah organisasi, kegiatan, progam kerja, anggaran dan sebagainya.sesuai dengan jenjang organsasi, musppanitra diadakan menurut tingkatannya, yaitu
a. Musppanitra Nasional
Diadakan setiap 5 tahun sekali bersamaan atau menjelang diselenggarakannya musyawarah nasional. Pesertanya utusan dari Dewan Kerja Daerah (DKD) putra Maupin putrid.
b. Mesppanitra Daerah
Diadakan setiap 4 tahun sekali bersamaan atau menjelang diselenggarakannya musyawarah daerah. Pesertanya para penegak / pandega dari Dewan Kerja Cabang (DKC) putra maupun putrid dan membawa mandat dari kwartir cabang.
c. Musppanitra Cabang
Diadakan setiap 3 tahun sekali bersamaan atau menjelang diselenggarakannya musyawarah cabang. Pesertanya penegak atau pandega dari Dewan Kerja Ranting (DKR) putra maupun putrid dan para penegak dari Dewan Ambala (DA).

4. PESTA KARYA
Adalah jenis pertemuan khusus bagi pramuka penegak dan pandega angggota satuan karya (SAKA).

0 Comments:

Post a Comment