- SatyaKu Ku Dharmakan DharmaKu Ku Baktikan .: Ambalan DIPONEGORO - NYI AGENG SERANG :. Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana -

Sejarah Singkat Kepanduan

Robert Boden Powel lahir pada tanggal 22 februari 1857 di London.. Ayahnya memberi nama "Robert Stephenson Smyth". Istri Boden Powel bernama Ad.Olive St. Ia seorang professor geometri di Universitas Oxford dan meninggal dunia ketika Robert Stephenson Smyth masih kecil. Walau sejak kecil di tinggal ayahnya, atas pembinaan watak dari ibunya Boden Powel tumbuh sebagai pemuda periang, cerdas, senang bermain musik dan sandiwara, mengarang dan ahli menggambar. Bersama kakaknya ia sering mengembara di alam terbuka, berlayar, berenang dan melakukan bermacam-macam olahraga.

Hasil dari petualangannya dia mengarang beberapa buku,di antaranya “Scouting for Boys”.Dalam buku ini mengisahkan perjalanan Boden Powwel dalam mengamalkan ilmu yang dia dapat dari alam dan di untuk para pemuda di London.Awalnya hanya kaum pria saja yang mengikuti kegiatan tersebut,tapi siring berjalannya waktu,wanitapun diikut sertakan.
Kemudian dia mengmbara keliling dunia dan menyabarkan ilmunya tersebut.Boden Powel wafat pada tanggal 8 Januari 1941.

Pengalaman menarik boden powel untuk kegiatan kepramukaan :
1. Ditinggal bapaknya sejak kecil, dan mendapat pembinaan watak dari ibunya.
2. Latihan ketrampilan berlayar, berenang, berkemah, dan berolah raga dan lainnya didapat dari kakak-kakaknya.
3. Boden powel sangat disayangi teman-temannya karena selalu gembira, lucu, cerdas,suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar.
4. Berpengalaman di India sebagai pembantu letnan pada resimen 13 kavareli, yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang, dan ditemukan dipuncak gunung.
5. Terkepung bangsa boer di kota mafeking, afrika selatan selama 127 hari dan kekurangan makan.
6. Mengalahkan kerajaan zulu di afrika dan mengambil kalung manik milik raja Dinizulu.
Semua pengalamannya ditulis dan dibukukan dengan judul “aids to scouting” untuk sebagai buku pedoman tentara muda inggris agar dapat melakukan tugas penyelidikan dengan baik. Buku itu sangat menarik bahkan bukan untuk pemuda saja bahkan orang dewasa.

0 Comments:

Post a Comment